Sejarah Klub Sepak Bola Eropa Bayern Munchen

Bayern Munchen merupakan klub sepak bola Jerman yang berbasis di daerah Munchen, Bayern. Klub satu ini dikenal dengan sejarah sepak bola Jerman setelah memenangkan rekor 32 gelar di Nasional dan 20 di pertandingan Piala Nasional. 

Klub sepak bola Bayern didirikan di tahun 1900 oleh sebelas pemain sepak bola yang diketuai oleh Franz John. Meskipun klub ini berasal dari Jerman dan mengikuti pertandingan dan berhasil memenangkan kejuaraan nasional, Bayern tidak terpilih menjadi bagian Bundesliga pada awal tahun 1963.

DIbawah kapten Franz Beckenbauer, klub Bayern memiliki periode kesuksesan terbesar dalam sejarah tengah tahun 1970. Klub Bayern memenangkan piala champion sebanyak tiga kali berturut-turut pada tahun 1974 – 1976.

Baca juga: klub AC Milan 

Klub Bayern Munchen telah mencapai berbagai kemenangan selama pertandingan sepak bola dengan sebelas kemenangan di ajang Piala Champion atau Liga Champion, dan kemenangan gelar ke enam di tahun 2020 sebagai bagian dari Treble Benua.

Klub Bayern juga memenangkan pertandingan di Piala UEFA, satu Piala Dunia, Antarklub FIFA, dan membuat klub ii menjadi salah satu klub di bagian Eropa yang paling sukses di Dunia. 

Sejarah Terbentuknya Klub Bayern Munchen 

Setelah terjadi pertengkaran antara manajer klub dan pemain di Bayern Munchen, pemain dari MTV 1879 Munchen di Bar “Gisela” 11 pemain didalamnya memutuskan untuk memisahkan diri mereka dan membentuk klub sendiri di bawah manajemen klub dari Franz John di tahun 1900.

Terjadinya kemenangan pertama pada klub Bayern, di tahun 1932 di Nuerberg pada ajang final melawan Eintracht Frankfurt menjadi sebuah kemenangan pertamanya sebleum 20 gelar kemenangan yang didapatkan.

FC Bayern tidak ikut serta pada saat Bundesliga. D tahun 1965 Klub Bayern mulai dipromosikan, disaat itulah Bayern berada di nomor ketiga pada musim pertandingan berikutnya. Dan sejak saat itulah Klub Bayern Munchen menjadi bagian dari anggota tetap Bundesliga.

Warna Kostum Klub Bayern Munchen 

Di awal terbentuknya klub, kostum seragam berwarna putih dan biru. Namun, klub menggunakan kemeja putih dengan celana pendek hitam sampai dengan tahun 1905 ketika klub bergabung dengan MSC. 

MSC memutuskan seragam dari klub dan menyuruh pemain untuk bermain dengan celana pendek berwarna merah. Bayern bermain dengan warna merah maroon dan putih sebagai warna kebanggaan di tahun tahun awal berdirinya klub. Kemudian warna biru tetap digunakan sebagai pilihan warna lain saja.

Pada musim 1968-69, kemeja yang digunakan berganti motif menjadi garis garis dengan warna merah dan putih dan dipadukan celana pendek dengan kaus kaki berwarna biru. 

Pada musim 1973-74, bayern mengenakan kostum putih dipenuhi dengan motif garis merah dan biru secara vertikal tunggal di baju. Dari tahun 1974, Bayern Munchen mengenakan kostum kandang merah penuh dan perpaduan garis-garis putih.

Stadion Klub 

Bayern memiliki sebuah stadion klub yang terletak di sebelah utara Kota Munchen di distrik Frottmaning. Stadion ini dibuka pada tahun 2005 dengan sebuah pertandingan persahabatan antara Munchen dengan 1 FC Nurnberg. Di Stadion ini juga menjadi tempat pertandingan pembukaan dari ajang pertandingan bergengsi yakni Piala Dunia di tahun 2006.

Stadion ini tergolong stadion super modern yang dirancang oleh firma arsitektur Swiss. Namun pada tahun 2010 klub membeli secara keseluruhan atas stadion setelah mengalami permasalahan keuangan dan tidak sanggup untuk membayar hutang pembangunan.

Itu dia sejarah sampai dengan informasi dari klub sepak bola Eropa Bayern Munchen. Apakah ada pemain favorit anda di klub satu ini? Sekian dulu artikel kami, sampai jumpa.