Mengenal Viral Marketing dan Tips Memaksimalkannya

Saat ini sudah banyak bermunculan istilah-istilah mengenai dunia marketing. Salah satu di antaranya ialah viral marketing yang memang menjadi salah satu teknik pemasaran bisnis online. Di mana, konsep dasarnya sendiri ialah memanfaatkan penggunaan jaringan sosial yanh ada di dunia maya.

Untuk prinsipnya sendiri hampir mirip dengan word of mouth atau biasa dikenal dengan nama pesan dari mulut ke mulut. Hanya saja, untuk penyebarannya sendiri dilakukan melalui media sosial. Biasanya, penggunaan strategi ini akan menciptakan sebuah pertumbuhan penjualan yang baik. 

Strategi pemasaran satu ini juga memanfaatkan perkalian yang cepat dalam menyebarluaskan sebuah pesan ke ribuan hingga jutaan pengguna dalam waktu yang singkat. Tidak hanya menggunakan media sosial saja, tetapi bisa juga disampaikan melalui video, website, e-book, dan lain sebagainya. 

Baca juga: konsep marketing bisnis

Mengenal Singkat Viral Marketing 

Seperti yang sudah disinggung di atas, bisa disimpulkan bahwa viral marketing merupakan sebuah strategi marketing uang lebih efektif jika dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam waktu singkat saja, strategi ini mampu membuat iklan menjadi viral, dan tersebar dengan sangat cepat. 

Adapun letak perbedaannya dengan strategi pemasaran lain ialah promotor. Pada strategi ini, audiens berperan sebagai promotor. Di mana, nantinya mereka akan bertugas untuk menyebarkan pesan promosi kepada orang-orang. Siapa saja sudah pasti bisa menggunakan strategi ini dan memang hal terpenting yang harus ditekankan ialah mampu menarik perhatian audiens. 

Tips Dalam Memaksimalkan Viral Marketing 

Menarik Perhatian dari Influencer 

Untuk bisa memaksimalkan strategi pemasaran satu ini, maka Anda perlu menarik perhatian influencer. Perlu diketahui bahwa hal ini merupakan cara cepat untuk bisa menjadi viral. Anda perlu tau bahwa influencer memiliki rate tertentu dan berbeda antara satu sama lain bergantung pada popularitasnya. 

Memaksimalkan viral marketing menggunakan cara ini harus memiliki biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menarik perhatian mereka. Beberapa di antaranya ialah dengan mencoba mengirimkan produk gratis untuk di-review, mencoba berinteraksi diunggahan influencer tersebut dan lain sebagainya. 

Membuat Konten yang Tepat 

Tips lain yang bisa dilakukan ialah dengan membuat konten yang tepat, sebab memang menjadi kunci utama untuk bisa menarik perhatian dari audiens. Di sini, Anda harus bisa membuat konten yang unik dan menarik. Pastikan memiliki ciri khas tertentu yang bisa membuat orang-orang penasaran. 

Ketika ada yang suka dengan konten Anda, maka kemungkinan mereka dalam menyebarluaskannya menjadi lebih besar. Kebanyakan konten yang saat ini viral ialah konten video. Sebab memang sangat mudah dipahami. Oleh sebab itu, Anda bisa memperbanyak konten video. 

Memilih Platform dan Audiens yang Tepat

Terakhir, pemilihan platform dan audiens pun sangat berpengaruh terhadap viral marketing. Itu sebabnya, untuk bisa menciptakan konten menarik, maka harus memiliki audiens yang tepat. Pasalnya, audiens-lah yang nantinya akan ikut berperan dalam menyebarkan informasi dari konten Anda. 

Sangat penting juga memperhatikan platform yang digunakan. Akan lebih baik jika memilih platform yang memang memiliki banyak pengguna dan hampir dipakai oleh setiap orang. Dengan begitu, peluang mendapatkan audiens yang banyak pun bisa sangat meningkat. 

Demikianlah beberapa hal mengenai viral marketing. Salah satu strategi marketing ini sudah menjadi pilihan banyak orang. Sebab bisa memperluas jangkauan dan mendapatkan audiens lebih banyak. Tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal, bisa memperhatikan beberapa tips di atas.