Info Lengkap Esport Dota 2

Esport Dota 2 merupakan salah satu esport yang sangat digemari di seluruh dunia meskipun aksesnya lebih sulit. Sebab game ini tidak tersedia dalam versi mobile melainkan harus dimainkan melalui PC dengan spek tertentu. Sebagai pengguna PC Anda perlu menginstall Steam agar dapat mengakses game tersebut dan ketika hendak memperbaruinya. 

Anda bisa mengaksesnya dari berbagai operating system seperti Microsoft, OS X, ataupun Linux, yang terpenting adalah spesifikasi PC yang Anda gunakan. Sebab jika Anda bermain game tetapi spek PC Anda tidak mendukung maka akan menyulitkan Anda sendiri sebagai player.  Efeknya membuat Anda tidak menikmati permainan dan memperkecil kans Anda untuk dapat memenangkan match.

Baca juga: cara menjadi player e-sport 

Kategori Game Esport Dota 2

Esport Dota 2 merupakan game yang dikategorikan dalam game Moba karena pola permainannya yang multi-player dalam satu arena. Permainan yang menawarkan pola-pola grafis yang cantik ditambah dengan tuntutan skill tiap individu yang mumpuni untuk dapat melaksanalan tugas tim. Pada game Moba seperti ini teamwork begitu dibutuhkan agar meraih kemenangan bersama, bermain egois hanya akan membuat tim Anda sendiri kalah. 

Pada kategori permainan Moba, tiap individu player harus memiliki skill mumpuni agar dapat mengeksekusi pekerjaan tim dengan baik. Jika didukung dengan skill individu yang baik maka diharapkan pencapaian tim juga akan baik saat menjalani match. Selain itu penting untuk menerapkan strategi yang tepat dan membuat prediksi tentang bagaimana strategi lawan Anda nanti.

Sejarah Singkat

Esport Dota 2 pertama kali dirilis oleh Valve Corporation pada tanggal 9 Juli 2013 di Amerika Serikat. Game ini sendiri merupakan pengembangan dari Warcraft 3:Defense of the ancient yang sekarang justru menjelma menjadi salah satu game paling populer. Cikal bakal game Moba ini sebetulnya telah dimulai sejak 2009 saat mulai dikembangkannya Warcraft 3.

Sejak kemunculannya, game ini mendapat beberapa kritik pada sisi lain dan mendapat pujian pada sisi lainnya. Banyak yang memuji sisi konsistensi permainan dan gameplay yang disuguhkan oleh Valve kepada para pemainnya. Sementara itu kritik ditujukan untuk tingkat kesulitan permainan yang relatif tinggi serta komunitas pemain yang kerap berkata kasar saat bermain. 

Esport Dota 2 menawarkan permainan 2 tim yang akan saling bertanding pada satu arena yang sama dengan jumlah pemain masing-masing 5. Dalam game ini dikenal istilah MMR atau matchmaking ranking yang mana menjadi posisi perburuan tiap pemain karena memiliki gengsi yang tinggi. Semakin sering Anda memperoleh MMR artinya kualitas bermain Anda cukup tinggi dan akan disegani lawan Anda. 

Dota 2 sempat menjadi game dengan jumlah pemain online harian tertinggi di dunia yang mencapai sekitar 800.000 pemain. Sebelum akhirnya PUBG mampu mematahkan rekor tersebut karena mampu menorehkan catatan 1 juta player dalam satu hari. 

Kejuaraan yang Tersedia

Esport Dota 2 memiliki kejuaraannya sendiri yang diberi nama The International (TI) yang diselenggarakan sejak tahun 2011. Pada gelaran pertama saja, Valve Corporation sudah mampu memberikan hadiah sebesar $1,6 juta pada juara pertamanya. Sedangkan untuk gelaran TI terakhir yakni TI11 yang digelar di Singapore tahun 2022 yang lalu hadiah untuk juara pertamanya mencapai $18,8 juta.

Selain itu ada juga kejuaraan resmi antar negara seperti Asian Games yang juga mempertandingkan Dota 2 sebagai cabang esport. Player game ini berkesempatan juga untuk dapat mengibarkan bendera negaranya melalui skill dan kecintaan yang dikonversi menjadi prestasi.

Jika Anda suka bermain game dan ingin menjadi atlet Esport Dota 2, segera unduh permainannya dan kembangkan kemampuan bermain Anda.